Begini Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Mengganggu

 


Sakit pinggang (low back pain atau lumbago) merupakan rasa sakit atau nyeri yang amat mengganggu dan biasanya ada sakit pinggang sebelah kanan dan sakit pinggang sebelah kiri tergantung dari bagian sakit atau nyerinya. Hal ini dirasakan di sekitar tulang lumbar, yaitu di antara cakram, jaringan, otot dan saraf tulang punggung serta organ tubuh di sekitar panggul dan perut. Kondisi seperti ini biasanya dialami orang dewasa sekitar 30 hingga 50 tahun dengan intensitas nyeri ringan hingga berat.

Memang masalah pada pinggang ini biasanya karena gaya hidup yang mengakibatkan rasa sakit pinggang akhirnya, seperti duduk terlalu lama di kantor, mengangkat beban berat, atau mengalami kecelakaan yang mencederai pinggang dan sekitarnya.

Penyebab Sakit Pinggang
Penyebab Sakit Pinggang sendiri terbagi menjadi dua faktor utama, yaitu mekanis dan medis. Untuk penyebab sakit pinggang secara mekanis dipicu oleh pengikisan struktur dan daya tahan pinggang seperti pada sendi, cakram, otot, saraf serta tulang dengan usia sebagai faktor utama.

Sedangkan penyebab sakit pinggang secara medis dipicu oleh gangguan kesehatan seperti batu ginjal, radang sendi, fibromyalgia, osteoporosis, aneurisma, tumor, aorta, penyebaran kanker dari organ lain, hingga endometriosis.

Jenis-jenis Sakit Pinggang
Pada umumnya, ada 3 jenis sakit pinggang, yaitu :

Sakit Pinggang Nonspesifik
Pada jenis ini, penderita sakit pinggang merasakan rasa sakit pada pinggang tanpa sebab yang pasti. Sakit pinggang akut masuk ke dalam kategori ini, dengan intensitas nyeri ringan hingga berat.

Sindrom Cauda Equina
Ini merupakan kondisi yang jarang terjadi namun sangat berbahaya, kelainan ini bisa menyebabkan saraf tulang punggung paling bawah tertekan hingga bisa mengakibatkan rasa sakit pinggang yang luar biasa, gangguan pada sistem kemih, bahkan dapat melemahkan fungsi salah satu atau kedua kaki.

Sciatica
Sciatica ini merupakan sakit pinggang yang disebabkan karena saraf tulang belakang yang rusak atau saraf terjepit. Cakram yang lepas atau slip disc juga salah satunya, rasa nyeri seperti ditusuk atau mati rasa biasanya sering dirasakan dari pinggang hingga ke kaki.

Pencegahan Sakit Pinggang
Sakit Pinggang dapat dicegah dengan beberapa cara seperti :

- Melakukan olahraga peregangan otot setidaknya 30 menit sehari
- Menjaga berat badan ideal
- Menjaga postur tubuh dengan menghindari posisi bungkuk saat duduk dan berdiri
- Mengangkat beban dengan kekuatan lutut dan kaki, tanpa memelintirkan tubuh
- Menghindari penggunaan sepatu hak tinggi untuk waktu yang lama
- Menghindari mengangkat beban melebihi kemampuan tubuh
- Berhenti merokok untuk menjaga kesehatan tulang
- Mengonsumsi asupan nutrisi yang tepat

Tips Meredakan Sakit Pinggang
Untuk meredakan dan mengatasi masalah sakit pinggang yang dialami, bisa menggunakan beberapa cara berikut ini :


1. Kalsium
Kita semua tahu kalau kalsium sangat membantu untuk masalah kesehatan tulang, dan juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis pada tulang belakang. Jika sakit pinggang atau punggung belum terlalu parah, biasakan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti sayuran hijau, susu, keju, dan yoghurt.

2. Minyak Eucalyptus
Minyak ini merupakan salah satu bahan alami yang efektif dalam menyembuhkan sakit punggung, dengan dioleskan pada daerah yang sakit sebanyak 3-4 tetes minyak.

3. Bawang Putih

Bawang putih juga bisa digunakan untuk meredakan masalah sakit pinggang, caranya dengan memanaskan minyak kelapa atau minyak wijen bersama 8 siung bawang putih selama kurang lebih 2 menit, lalu didiamkan hingga dingin. Setelah itu gunakan untuk memijat bagian yang sakit, dan biarkan seperti itu selama 3 jam. Jika sudah mandilah dengan air hangat, maka punggung akan terasa nyaman dan sakit akan mereda.

4. Dr Belt

Selain mencoba cara alami diatas, bisa juga menggunakan alat terapi Dr Belt, sabuk terapi berteknologi Korea yang dapat mengatasi masalah nyeri pinggang dan sakit pinggang, baik sakit pinggang sebelah kanan maupun sakit pinggang sebelah kiri. Dengan menggunakan erpaduan batu germanium dan tourmaline akan memancarkan sinar infra merah jauh dan ion negative. Sehingga dapat mengatasi masalah nyeri dan sakit pinggang tersebut hingga tuntas.
Begini Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Mengganggu 4.5 5 Nurdian Sakit pinggang merupakan rasa sakit atau nyeri yang amat mengganggu dan biasanya ada sakit pinggang sebelah kanan dan sakit pinggang sebelah kiri tergantung dari bagian sakit atau nyerinya. Hal ini dirasakan di sekitar tulang lumbar, yaitu di antara cakram, jaringan, otot dan saraf tulang punggung serta organ tubuh di sekitar panggul dan perut. Sakit pinggang (low back pain atau lumbago) merupakan rasa sakit atau nyeri yang amat mengganggu dan biasanya ada sakit pinggang sebelah...


Diberdayakan oleh Blogger.